Sunday 25 September 2011

ALAM DAN MANUSIA

Aku mendengar anak sungai merintih
bagai seorang janda yang menangis
meratapi kematian anaknya
dan aku kemudian bertanya,

“Mengapa engkau menangis,
sungaiku yang jernih?"
 Dan sungai itu menjawab,

‘Sebab aku dipaksa mengalir ke kota tempat Manusia merendahkan dan mensia-siakan diriku dan menjadikanku minuman-minuman keras dan mereka memperalatkanku bagai pembersih sampah, meracuni kemurnianku dan mengubah sifat-sifatku yang baik menjadi sifat-sifat buruk.'

Dan aku mendengar burung-burung menangis,

dan aku bertanya,
“Mengapa engkau menangis, burung-burungku yang cantik?”

Dan salah satu dari burung itu terbang mendekatiku, dan hinggap di hujung sebuah cabang pohon dan berkata,

“Anak-anak Adam akan segera datang di ladang ini dengan membawa senjata-senjata pembunuh dan menyerang kami seolah-olah kami adalah musuhnya. Kami sekarang terpisah di antara satu sama yang lain, sebab kami tidak tahu siapa di antara kami yang bisa selamat dari kejahatan Manusia. Ajal memburu kami ke mana pun kami pergi.”
Kini, matahari terbit dari balik puncak pergunungan,
dan menyinari puncak-puncak pepohonan
dengan rona mahkota.

Kupandangi keindahan ini dan aku bertanya kepada diriku sendiri:

‘Mengapa Manusia mesti menghancurkan
segala karya yang telah diciptakan oleh alam?’.

No comments:

Post a Comment